Semangat Nasionalisme Kebangsaan

indo

Kesadaran nasionalisme sekarang  tak sekental dahulu sehingga rasa kebangsaan sedikit demi sedikit mulai luntur , sejarah mencatat sejak lahirnya bangsa ini pada tanggal 17 agustus 1945 sampai sekarang  Indonesia telah banyak mengalami sebuah perjalanan panjang dan sebuah keniscayaan dalam setiap perjalanan pasti terjadi perubahan. Dalam konteks ke-Indonesiaan kita pun mengalami  perubahan yang cukup berarti baik ditingkat lokal maupun global.

Tengok saja sejarah yang dimulai digerakkan Budi utomo tahun 1908 yang  merupakan organisasi kebangsaaan pertama, walaupun sebenarnya didalamnya hanya terdiri dari golongan masyarakat tertentu tapi perjuangannya dalam menyerukan kemerdekan sudah merupakan usaha untuk mendorong ke arah kemajuan bangsa ini. Peristiwa Rengas dengklok merupakan peran pemuda yang sangat berarti bagi bangsa Indonesia yang melandasi lahirnya teks Proklamasi. Dari peristiwa ini dapat dilihat semangat nasionalisme membawa dampak perasatuan yang membuahkan kemerdekaan sebagai tujuan dari perjuangan bangsa ini.

Tragedi 1965 yang berhasil melengserkan orde lama tak lepas dari semangat nasional dan kekuatan para pemuda pada waktu itu dengan ditandainya banyak demonstrasi yang menuntut segera dilakukan perbaikan–perbaikan negeri. Lahirnya peristiwa 1998 yang pada waktu itu dipelopori oleh mahasiswa sebagai elemen dari pemuda yang akhirnya sekali lagi membuktikan kekuatannya yaitu berhasil melengserkan pemerintahan orde baru. Para pemuda dan mahasiswa menuntut adanya reformasi di berbagai bidang guna mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera dan segera keluar dari krisis ekonomi yang menghantam negeri ini.

Kita sebagai warga negara Indonesia, sudah tentu merasa bangga dan mencintai bangsa dan negara Indonesia. Kebanggaan dan kecintaan kita terhadap bangsa dan negara tidak berarti kita merasa lebih hebat dan lebih unggul daripada bangsa dan negara lain. Kita tidak boleh memiliki semangat nasionalisme yang berlebihan (chauvinisme) tetapi kita harus mengembangkan sikap saling menghormati, menghargai dan bekerja sama dengan bangsa-bangsa lain

Iklan

Tentang deepdhy

Hello,I'm devi..
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Semangat Nasionalisme Kebangsaan

  1. mohand berkata:

    besok2 dikasih yang lucu2an dunk,,,kayknya tegang lo bahasna kenegaraan mulu?he,,he,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s