Nasionalisme Kebangsaan

glob

Kesadaran nasionalisme sekarang  tak sekental dahulu sehingga rasa kebangsaan sedikit demi sedikit mulai luntur terbukti dengan terjadi konflik-konflik, baik konflik yang bersifat SARA maupun konflik yang dilatarbelakangi oleh kepentingan politik, maupun ekonomi. Tarik-menarik kekuatan dengan berbagai kepentingan kelompok atau individu juga sering kali melahirkan semangat antagonistik, sehingga rasa kebersamaan sebagai warga negara lambat laun terkikis dan menjadi sebuah bangsa yang rapuh. Kunci semua itu adalah tercabutnya akar-akar nasionalisme dari jiwa-jiwa bangsa ini.

Nasionalisme sendiri memiliki pengertian sebuah ikatan emosi yang membentuk perasaan komunitas suatu bangsa dan negara. Dan nasionalisme ini sangat berkaitan dengan kata Patriotisme yang membentuk sebuah pencitraan yang baik dalam pemampilan dan pembentukan sebuah kesatuan negara. Dengan demikian secara umum nasionalisme dapat diartikan sebagai suatu alat pemersatu yang membuat bangsa serta suatu negara lebih kuat serta solid dalam menghadapi tekanan serta penjajahan yang terjadi dan rongrongan untuk memecah belah negara tersebut.

Ikatan kebangsaan tumbuh di tengah masyarakat saat pola pikirnya mulai merosot. Ikatan ini terjadi saat manusia mulai hidup bersama dalam suatu daera tertentu dan tak beranjak dari situ. Saat itu, naluri mempertahankan diri sangat berperan dan mendorong mereka untuk mempertahankan negerinya, tempatnya hidup dan menggantungkan diri Maka dari itu semua, sewajarnyalah kita sebagai anak negeri untuk dapat menumbuh kembangkan rasa nasionalisme yang ada dalam diri kita selanjutnya kepada semua orang dekat kita

Tentang deepdhy

Hello,I'm devi..
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s