Semangat Persatuan membangun Nasionalisme Kebangsaan

persatuanNasionalisme di Indonesia menganut faham Pancasila, yakni faham kebangsaan yang berdasar pada nilai- nilai Pancasila. Untuk memahami pengertian nasinalisme Indonesia secara sistemik mengacu pada sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia.

Persatuan berarti sifat- sifat dan keadaan yang sesuai dengan hakikat satu.Dalam hal itu, terkandung pengertian disatukannya bermacam- macam bentuk menjadi satu kebulatan atau dengan kata lain diartikan juga usaha untuk menjadikan keseluruhan ke arah satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Di dalam persatuan ini harus ada sesuatu hal yang sebagai ciri pembeda yang dapat menghimpun bermacam- macam hal menjadi satu kesatuan. Demikian pula dalam hal kenegaraan. Yang dapat menghimpunnya menjadi satu kesatuan adlah adanya keinginan hidup bersama dalam satu negara. Persatuan merupakan suatu proses atau usaha, sedangkan tujuannya adalah kesatuan.

Rasa persatuan menumbuhkan semangat kebangsaan, rasa memiliki terhadap tanah air sendiri. Kita semua adalah satu, bagaimana kita mempunyai perasaan sama. Konsep kebangsaan apabila di bawa ke masalah kenegaraan bukanlah kebangsaan atas dasar asal keturunan, yaitu kebangsaan yang didasarkan atas sejarah sama, nasib yang sama, dan kehendak yang sama karena hal yang demikian ini tidak dapat diterapkan dalam negara- negara sekarang.

Negara sekarang lebih memasukkan kelompok manusia lain yang tidak sama sejarahnya dan tidak sama nasibnya. Sebagai contoh, rakyat Timor- Timur tidak sama nasib dan sejarahnya, tetapi mereka pernah bestu sebagai bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kebangsaan hanya diartikan sebagai mempunyai cita- cita yang sama untuk menjadi satu kesatuan sebagai warga negara.

Kesatuan dalam satu negara ini tidak terjadi secara alami, tetapi satu kesatuan yang dibentuk. Jadi, kebangsaan secara buatan atau kebangsaan negara yang lebih populer dengan sebutan nasionalisme, untuk membedakan kebangsaan secara alami. Nasionalisme inilah yang dituju oleh persatuan. Jadi persatuan merupakan proses, sedangkan tujuannya adalah nasionalisme

Tentang deepdhy

Hello,I'm devi..
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s